Enter your keyword

Sejarah

Perkembangan industri pariwisata di Indonesia yang semakin berkembang merupakan bentuk nyata bahwa pariwisata telah menjadi salah satu sektor pendapatan negara yang cukup penting. Potensi Pariwisata yang dimiliki oleh Indonesia yang begitu besar belum semuanya dapat dimaksimalkan hal ini terkait dengan beberapa faktor antara lain adalah faktor sumber daya manusia pariwisata Indonesia yang masih sangat terbatas jumlahnya.

Hal ini disebabkan salah satunya karena kurang meratanya institusi pendidikan pariwisata di Indonesia sehingga menyebabkan ketersediaan tenaga profesional di bidang pariwisata lebih banyak terdapat di daerah yang pariwisatanya sudah8 lebih dulu berkembang, seperti Bali, Yogyakarta, Surabaya dan Jakarta. Dalam upaya untuk meningkatkan jumlah sumber daya manusia pariwisata khususnya di wilayah Jember dan sekitarnya, maka Persyarikatan Muhammadiyah Jember mendirikan Akademi Pariwisata Muhammadiyah Jember pada Tanggal 5 Juni 1998 berdasarkan SK Mendikbud No. :41/D/O/1998 dengan nama Program Studi Perhotelan Akademi Pariwisata Muhammadiyah Jember.

Pada saat awal Akademi Pariwisata Muhammadiyah Jember berdiri, tantangan yang dihadapi tidaklah sedikit karena suasana dan manajemen belum begitu profesional dan kegiatan administrasi akademik, keuangan dan kegiatan lainnya masih kurang optimal, hal ini disebabkan dengan status program studi ini masih tergolong baru dan masih diperlukan banyak perbaikan baik dari sisi administrasi maupun dari sisi akademik termasuk status Akademi Pariwisata Muhammadiyah Jember yang pada saat itu masih belum terakreditasi. Tetapi dengan segala bentuk usaha dan terobosan yang dilakukan pada saat itu maka pada tahun 2002 tepatnya pada Bulan Mei Akademi Pariwisata Muhammadiyah Jember telah berstatus terakreditasi dengan nilai C berdasarkan SK BAN-PT Nomor: 007/BAN-PT/AK-1/Dpl-III/V/2002.

Akademi Pariwisata Muhammadiyah Jember dalam perkembangannya sekarang telah mampu mengirimkan para mahasiswanya untuk melaksanakan program On The Job Training di Hotel Bintang 4 dan 5 yang tersebar tidak hanya di Pulau Jawa, tetapi juga Bali dan daerah sekitarnya termasuk negara tetangga yaitu Malaysia. Hal ini juga semakin meningkatkan kepercayaan dari para stakeholders khususnya di Jember untuk merekrut para lulusan AKPAR untuk bekerja di hotel dan restoran, selain itu kepercayaan ini juga ditunjang oleh status akreditasi AKPAR yang mengalami peningkatan di tahun 2005 menjadi B berdasarkan SK BAN PT nomor: 15/BAN-PT/AK-V/Dpl-III/XII/2005 dan status terakreditasi B tersebut mampu dipertahankan hingga pada saat ini berdasarkan SK BAN PT nomor: 002/BAN-PT/AK-XI/Dpl-III/VI/2011.

Akademi Pariwisata Muhammadiyah Jember merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Timur yang menerima Anugerah Kampus Unggulan di Jawa Timur mulai tahun 2008 sampai dengan tahun 2013 oleh Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah 7 Jawa Timur, hal ini membuktikan bahwa Akademi Pariwisata Muhammadiyah Jember telah mampu bersaing dengan perguruan tinggi swasta lainnya khususnya di Jawa Timur.