Enter your keyword

Laboratorium

Standar Opersional Prosedur diperuntukkan untuk mempermudah para hotelier untuk bekerja sesuai standar sehingga mempermudah pekerjaan dan dibutuhkan koordinasi antara masing-masing staff untuk bekerja sesuai dengan prosedur yang ada tanpa melakukan tumpang tindih dalam pekerjaan.

Standar Opersional Prosedur peminjaman alat dan bahan tersebut adalah agar untuk meningkatkan mutu layanan dari laboratorium kepada semua pengguna laboratoriumterutama kepada mahasiswa.dan supaya proses inventory dapat terkontrol dan terkendali.

TATA TERTIB LABORATORIUM HOUSEKEEPING
AKADEMI PARIWISATA MUHAMMADIYAH JEMBER

  1. SISWA HARUS MENGGUNAKAN SERAGAM HOUSEKEEPING
  2. BERPENAMPILAN RAPI
  3. MEMAKAI HAND GLOVES DAN MASKER SAAT PRAKTEK
  4. TIDAK BOLEH GADUH SELAMA PRAKTEK BERLANGSUNG
  5. SISWA MENGIKUTI SEMUA PROSEDUR PRAKTEK
  6. SISWA BERTANGGUNG JAWAB ATAS SEMUA PERALATAN YANG DIGUNAKAN
  7. SISWA HARUS MENJAGA KEBERSIHAN SELAMA PRAKTEK BERLANGSUNG
  8. SISWA HARUS MENINGGALKAN RUANGAN LABORATORIUM DALAM KEADAAN BERSIH DAN RAPI
  9. TIDAK DIPERKENANKAN MAKAN DAN MINUM SELAMA PRAKTEK BERLANGSUNG
  10. SETELAH PRAKTEK SELESAI SEMUA PERALATAN HARUS DITEMPATKAN KEMBALI DITEMPAT YANG SUDAH DI TENTUKAN
  11. SISWA YANG TIDAK MEMATUHI PERATURAN NO.1 SAMPAI 10 TIDAK DIPERKENANKAN MENGIKUTI KEGIATAN PRAKTEK

Standar Opersional Prosedur House Keeping diperuntukkan untuk mempermudah para hotelier untuk bekerja sesuai standar sehingga mempermudah pekerjaan dan dibutuhkan koordinasi antara masing-masing staff untuk bekerja sesuai dengan prosedur yang ada tanpa melakukan tumpang tindih dalam pekerjaan.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan bagi house keeping departement dalam memulai shift pekerjaan terurut dan terkoordinasi dengan baik sebagi berikut :

1. Persiapan Awal Shift

  • Mengambil Guest List (Arrival, Gust in House & Departure) di Reception yang berfungsi untuk mengetahui kamar mana yang seharusnya dibersihkan hari dan kamar mana yang harus di cek kelengkapan dan pemakaian minibar sehingga memudahan koordinasi antara house keeping dan reception bekerja,
  • Untuk tamu arrival (tamu check-in) memudahkan kita untuk menyediakan kamar bagi tamu yang akan datang sehingga memudahkan dalam mengontrol pekerjaan dalam satu departement.
  • Untuk tamu Departure (check-out) memudahkan bagi kita untuk mengecek konsumsi minibar yang harus dibayarkan tamu beserta tagihan kamar yang ada.
  • Guest in House untuk memudahkan bagi suatu departemen untuk bekerja membersihkan kamar dan melengkapi semua kebutuhan tamu yang masih menginap demi memperlancar operasional
  • Menyiapkan Peralatan (Ember, Chemical,Toilet brush,Botol sampo,shower gel,body lotion,Squize,Sapu,lap/dusting, Mop/pell tantai )
  • Menyiapkan trolley
  • Menyiapkan barang-barang keperluan kamar
  • Towel lengkap
  • Tissue
  • Soap
  • Aqua
  • Shower cap
  • Tea,creamer,sugar,coffee
  • Plastic sampah putih;dll
  • Memesan barang –barang keperluan kamar  yang belum lengkap dengan mengisi formulir pemesanan.
  1. Mempersiapkan kamar untuk tamu check in

    Bed Room

  1. Making bed
  2. Pastikan bed,sheet,duve cover,bed protector,pillow benar-benar bersih sesuai dengan standar kebersihan.
  3. Cek AC,TV,Safety box,lampu,wardrobe,water heater dan membuat trouble report jika ada yang perlu diperbaiki oleh Engineering.
  4. Cek Room Directory dan melaporkan ke kantor jika ada halaman yang robek atau kotor untuk diganti yang baru.
  5. Bersihkan keranjang sampah

       Bath Room

  1. Membersihkan kaca/cermin
  2. Membersihkan wastafle/wash basin
  3. Membersihkan toilet, cek penyemprot air asin di toilet
  4. Membersihkan kaca shower
  5. Membersihkan shower dan dinding kamar mandi
  6. Melengkapi bath towel, hand towel,face towel,bath mat,aqua small,tissue roll,tissue box,shower cap,sabun, bottle amenities (shampo,shower gell,body lotion) plastik laundry,laundry list
  7. Cek Exhaust di bathroom berfungsi dengan baik.
  8. bersihkan keranjang sampah di bath room

  Furniture

  1. Lap furniture dengan furniture polish
  2. Bersihkan sarang laba-laba
  3. Bersihkan kaca-kaca 

  Minibar

  1. Lengkapi isi dalam minibar ( Standard Minibar : 2 Sprite, 2 Coca Cola, 2 Diet Coke, 2 Tonic, 2 You-C1000, 2 Pocari Sweat, 2 Bir Bintang kecil, 1 Bir Bintang besar, 1 Aqua 1500ml, 1 Toblerone, 2 Kacang Mr. P).
  2. Siapkan minibar list

Terrace

  1. Lap meja,kursi depan kamar
  2. Bersihkan astray

  Garden belakang

  1. Bersihkan taman di garden belakang
  2. Lap kaca-kaca garden belakang
  3. Cek water heater

Lantai

  1. Menyapu lantai bath room,bed room,terace dengan dry mop
  2. Jika banyak pasir gunakan vacum cleaner
  3. Pell bath room,bed room,terrace
  4. Hiasi bed room,bath room dengan bunga ( flower Arangement )
  5. Rapikan korden
  6. Gunakan pengharum ruangan( bayfresh )

Cek kembali untuk memastikan kamar benar-benar siap untuk tamu check in

  1. Rapikan korden sesuai standar
  2. Tutup dan Kunci kembali pintu kamar
  3. Informasikan ke FO bahwa kamar sudah siap untuk tamu check in
  1. Tamu Check In
  1. Greeting/salam
  2. Membawa barang tamu ke kamar
  1. Membersihkan kamar tamu yang masih menginap ( Occupied Room )
  1. Greeting
  2. Mengetuk pintu kamar dan greeting sebanyak tiga kali sebelum membuka pintu

Membersihkan bed room

  1. Merapikan tempat tidur tamu dan barang-barang tamu
  2. Ganti sheet,duve cover, pillow cases yang kotor

Bath room

  1. Buang sampah yang ada di bath room
  2. Bersihkan kaca/cermin di bath room
  3. Bersihkan washtafle di bath room
  4. Bersihkan toilet
  5. Bersihkan kaca shower,di kran sower
  6. Mengganti towel-towel kotor dengan towel yang bersih
  7. Melengkapi aqua small,shower gell,shampo,body lotion 

Furniture

  1. Lap furniture di bed room,di terace
  2. Pastikan lampu bath room,bed room,dalam kondisi bagus
  3. Cek AC,Water hitter
  4. Sapu lantai bath room,di bed room,dan terrace depan

Minibar

  1. Cek Minibar
  2. Catat apabila ada yang diambil oleh tamu
  3. Minta tanda tangan tamu di kamar tersebut
  4. Lengkapi kembali minibar
  5. Serahkan bill tersebut ke FO untuk diproses ke folio tamu

Pell lantai bath room,bed room dan terrace,berikan pengharum ruangan

  1. cek kembali perlengkapan dan kebersihan kamar tamu sebelum meninggalkan kamar
  2. Pastikan pintu benar-benar terkunci sebelum meninggalkan kamar
  1. Membersihkan kamar tamu check out

    Cek minibar

  1. Meminta tanda tangan tamu apabila ada item Minibar yang diambil dan diserhakan ke FO.
  2. Membantu tamu membawa barang-barang ke depan ( lobby )
  3. Periksa kembali kamar tamu check out
  4. Pastikan barang-barang tamu tidak tertinggal di kamar
  5. Apabila ada barang yang tertinggal setelah tamu pergi, segera laporkan ke FO atau GM untuk dicatat sebagai ‘Lost & found’

Room

  1. Mengganti Sheet, duve cover, pillow Case dengan yang baru /bersih
  2. Making bed
  3. Melengkapi Minibar
  4. Membersihkan furniture di kamar dan terrace
  5. Membersihkan kaca-kaca
  6. Membersihkan garden belakang
  7. Membersihkan dan melengkapi barang-barang di bath room
  8. Membersihkan lantai bathroom,bed room, dan terrace
  9. Pastikan AC, Water Heater,Lampu dalam posisi off
  10. Rapikan posisi korden
  11. Tutup pintu dan pastikan pintu kamar terkunci dengan baik
  1. Menyiapkan barang-barang kotor untuk laundry

    Laundry kotor

  • Menghitung
  • Pisahkan towel kotor dengan sheet,duve,cover,pillocases yang kotor
  • Catat jumlah masing-masing laundry kotor (soiled ) berdasarkan nama dan jenisnya
  • Catat di buku nota pengiriman
  • Bungkus dengan plastic laundry yang telah di sediakan
  • Kirim laundry kotor beserta nota yang di buat ramgkap dua
  1. Menghitung laundry bersih
  • Menghitung kembali laundry yang datang/yang telah di bersihkan
  • Susun rapi di atas rak berdasarkan jenisnya
  1. Public Area

Public toilet

  • Bersihkan public toilet
  • Ganti tissue roll yang habis
  • Ganti bath mat yang kotor
  • sampah-sampah yang ada di keranjang sampah yg telah di sediakan

Restaurant atas dan bawah

  • Bersihkan kaca-kaca
  • Bersihkan sarang laba-laba
  • Bersihkan furniture
  • Bersihkan toilet restaurant  atas
  • Bersihkan lantai
  • Pell lantai

Lobby

  • Bersihkan lantai lobby
  • Lap furniture
  • Bersihkan meja kaca
  • Bersihkan asbak
  • Bersihkan sarang laba-laba

 Office

  • Bersihkan office
  • Lap meja,kursi, rak
  • Bersihkan tempat  sampah
  • Bersihkan lantai,sapu,dan pell

Fitness

  • Bersihkan ruang fitness
  • Lap  alat-alat fitnes
  • Squize kaca-kaca yang kotor
  • Bersihkan lantai
  • Pell lantai fitness

Spa

  • Pastikan perlengkapan spa sudah ada
  • Bersihkan sarang laba-laba
  • Cek AC
  • Cek lampu
  • Bersihkan shower, jacuzzi
  • Sapu dan pell
  • Beri pengharum ruangan

TATA TERTIB LABORATORIUM MAIN KITCHEN
AKADEMI PARIWISATA MUHAMMADIYAH JEMBER

  1. MAHASISWA HARUS MENGGUNAKAN SERAGAM KITCHEN LENGKAP (TIDAK BERBAHAN JEANS)
  2. TIDAK BOLEH BERKUKU PANJANG
  3. MEMAKAI TUTUP KEPALA & AFFRON ( CELEMEK )
  4. TIDAK BOLEH GADUH SELAMA PRAKTEK BERLANGSUNG
  5. MAHASISWA MENGIKUTI SEMUA PROSEDUR PRAKTEK
  6. MAHASISWA BERTANGGUNG JAWAB ATAS SEMUA PERLATAN YANG DIGUNAKAN
  7. MAHASISWA HARUS MENJAGA KEBERSIHAN SELAMA PRAKTEK BERLANGSUNG
  8. MAHASISWA HARUS MENINGGALKAN RUANGAN KITCHEN DALAM KEADAAN BERSIH DAN RAPI
  9. TIDAK DIPERKENANKAN MAKAN DAN MINUM SELAMA PRAKTEK BERLANGSUNG
  10. SETELAH PRAKTEK SELESAI SEMUA PERALATAN HARUS DITEMPATKAN KEMBALI DITEMPAT YANG SUDAH DI TENTUKAN
  11. SISWA YANG TIDAK MEMATUHI PERATURAN NO.1 SAMPAI 10 TIDAK DIPERKENANKAN MENGIKUTI KEGIATAN PRAKTEK



TATA TERTIB LABORATORIUM BAR DAN SERVICE
AKADEMI PARIWISATA MUHAMMADIYAH JEMBER

  1. MAHASISWA BERTANGGUNG JAWAB ATAS SEMUA PERALATAN YANG DIGUNAKAN
  2. MAHASISWA MENGIKUTI SEMUA PROSEDUR PRAKTEK
  3. TIDAK BOLEH GADUH SELAMA PRAKTEK BERLANGSUNG
  4. MAHASISWA HARUS MENGGUNAKAN SERAGAM LENGKAP DAN BERPENAMPILAN RAPI
  5. MENGENBALIKAN ROUND TABLE KE TEMPAT DAN POSISI SEMULA
  6. MELIPAT DAN MENGEMBALIKAN KURSI PADA TEMPATNYA
  7. MENGEMBALIKAN JUGLING MATTRES KE TEMPAT SEMULA
  8. MENGEMBALIKAN/ SET UP AREA LOBBY SEPERTI SEMULA
  9. APABILA ADA PERALATAN YANG RUSAK MAHASISWA WAJIB MELAPORKAN KEPADA KETUA LABORATORIUM
  10. MAHASISWA HARUS MENJAGA KEBERSIHAN SELAMA PRAKTEK BERLANGSUNG
  11. MAHASISWA HARUS MENINGGALKAN RUANGAN LABORATORIUM DALAM KEADAAN BERSIH DAN RAPI
  12. TIDAK DIPERKENANKAN MAKAN DAN MINUM SELAMA PRAKTEK BERLANGSUNG
  13. SETELAH PRAKTEK SELESAI SEGERA MENGEMBALIKAN KUNCI LABORATORIUM YANG DIPINJAM
  14. SISWA YANG TIDAK MEMATUHI PERATURAN NO.1 SAMPAI 8 TIDAK DIPERKENANKAN MENGIKUTI KEGIATAN PRAKTEK


STANDAR PROSEDUR OPERATIONAL RESTAURANT

  1. OPENING RESTAURANT
  • Membersihkan restoran dan counter bar.
  • Keluarkan minuman dari pantry dan atur di rak berdasarkan daftar.
  • Menyiapkan laporan jumlah awal minuman.
  • Memesan barang dan minuman yang diperlukan dengan mengisi formulir pemesanan yang selanjutnya akan disiapkan oleh petugas gudang
  • Cek daftar tamu yang menginap sehingga mempermudah dalam mengetahui tamu kamar yang terisi, dan tamu yang akan check-in dan check-out.
  1. SARAPAN

07.00 sampai 11.00

Persiapan :

SARAPAN ALA-CARTE ( jika kurang dari 10 kamar terisi )

  • Menyiapkan perlengkapan sarapan berupa : Coffe or tea cup, tea spoon, dessert knife, dessert fork, dessert spoon, salt and pepper, place mat, tissue, butter, jam and flower vas
  • Menyiapkan kopi atau teh di atas mesin pemanas.
  • Siapkan menu Ala Carte untuk sarapan.

3.   MENYAMBUT TAMU :

  • Ucapkan salam.
  • Mempersilakan tamu duduk, dan menarik kursi untuk wanita terlebih dahulu.
  • Berikan menu sarapan, wanita terlebih dahulu.
  • Menawarkan Teh atau Kopi dan dituangkan ke cangkir
  • Menulis  pesanan tamu dan dibaca ulang pesanannya
  • Tulis pesanan tamu  di nota pesanan yg merah untuk restoran dan yg putih untuk dapur.
  • Menyuguhkan makanan kepada tamu sesuai urutan yang berlaku.
  • Memastikan bahwa semua pesanan tamu telah disuguhkan.
  • Menanyakan apakah ada tambahan pesanan.
  • Clear up piring, mangkok, gelas, dll yang kosong, sambil menanyakan tentang sarapannya.
  • Membersihkan sisa-sisa makanan yang jatuh di meja tamu
  • Mengganti perlengkapan sarapan jika tamu masih membutuhkan.
  • Jika telah selesai, ucapkan terima kasih
  • Beri salam ke ke tamu sesuai dengan waktu untuk memberikan simbol rasa hormat dan pelayanan kita kepada tamu itu sendiri, sebagai simbol keramah-tamahan yang kita miliki.
  • Antarkan tamu ke meja makan, mempersilahkan tamu duduk dan menarik kursi untuk wanita terlebih dahulu sesuai dengan standar operasional yang ada.
  • Mempersilakan tamu duduk dengan muka tersenyum dan mimik yang ramah tamah.
  • Memberikan menu makanan dan minuman kepada tamu dengan mendahulukan yang wanita daripada tamu yang pria.
  • Menanyakan pada tamu untuk pesanan minuman terlebih dahulu. Tulis pesanan minuman di nota pemesanan dan serahkan ke bar untuk disiapkan.
  • Sementara minuman disuguhkan, tanyakan kepada tamu apakah sudah siap untuk pesan makanan.
  • Tulis pesanan makanan di nota pemesanan yang putih untuk dapur dan merah untuk restoran.
  • Mengganti peralatan makan sesuai dengan pesanan tamu.
  • Menyuguhkan makanan jika telah siap, yang wanita terlebih dahulu dan mengucapkan selamat menikmati.
  • Tanyakan kesan tamu tentang makanan yang sedang dinikmati.
  • Tanyakan jika ada tambahan pesanan, jika ya tuliskan di nota pemesanan.
  • Clear up piring, mangkok, gelas, dll yang kosong, sambil menanyakan tentang sarapannya.
  • Membersihkan sisa-sisa makanan yang jatuh di meja tamu
  • Menawarkan berbagai macam makanan penutup beserta tah atau kopi, jika tamu berminat maka tuliskan pesanan di nota pemesanan dan serahkan ke dapur dan bar.
  • Menyiapkan peralatan makanan penutup berupa dessert spoon dan dessert fork.
  • Menyuguhkan makanan penutup jika telah siap.
  • Clear up peralatan sambil menanyakan kesan tamu tentang makan siangnya.
  • Jika tidak ada tambahan lagi, tanyakan kepada tamu apakah bill akan di charge ke kamar atau dibayar tunai/kartu kredit. Cetak bill dan sodorkan ke tamu untuk tanda tangan ( jika charge ke kamar) dan untuk proses pembayaran ( jika tunai/kartu kredit ).
  • Jika telah selesai, ucapkan terima kasih.
  1. CLOSING RESTAURANT AND BAR ( PENUTUPAN RESTORAN )
  1. Bersihkan restoran dan bar
  2. Bersihkan dan angkat semua lilin, sendok, garpu, lap tangan/mulut, taplak meja dan semua perlengkapan pada meja restoran yang masih tersedia, dan masukkan semuanya ketempat semula. Pisahkan table cloth dan napkin yang kotor untuk laundry.
  3. Penghitungan
  • Laporan pengitungan minuman ( yang terjual, yang tersisa dan yang rusak )
  • Cetak Laporan penjualan makanan dan minuman dan sesuaikan dengan bill. Pastikan semuanya sesuai.
  • Periksa kembali semua nota dan setiap pembayaran cash harus diserahkan langsung ke bagian kasir atau manager beserta bill terkait.
  • Masukkan laporan dan nota dalam arsip yang disediakan dan serahkan ke kantor.
  • Pindahkan semua minuman dari rak bar ke ruang pantry dan dikunci.
  • Matikan computer dan lampu.

TATA TERTIB LABORATORIUM FRONT OFFICE
AKADEMI PARIWISATA MUHAMMADIYAH JEMBER

  1. MAHASISWA HARUS MENGGUNAKAN SERAGAM LENGKAP DAN BERPENAMPILAN RAPI
  2. TIDAK BOLEH GADUH SELAMA PRAKTEK BERLANGSUNG
  3. MAHASISWA MENGIKUTI SEMUA PROSEDUR PRAKTEK
  4. MAHASISWA BERTANGGUNG JAWAB ATAS SEMUA PERALATAN DAN FORMULIR YANG DIGUNAKAN
  5. MAHASISWA HARUS MENJAGA KEBERSIHAN SELAMA PRAKTEK BERLANGSUNG
  6. SISWA HARUS MENINGGALKAN RUANGAN LABORATORIUM DALAM KEADAAN BERSIH DAN RAPI
  7. TIDAK DIPERKENANKAN MAKAN DAN MINUM SELAMA PRAKTEK BERLANGSUNG
  8. SETELAH PRAKTEK SELESAI SEMUA PERALATAN DAN FORMULIR PRAKTIKUM HARUS DITEMPATKAN KEMBALI DITEMPAT YANG SUDAH DI TENTUKAN DAN SEGERA MENGEMBALIKAN KUNCI LABORATORIUM YANG DIPINJAM
  9. SISWA YANG TIDAK MEMATUHI PERATURAN NO.1 SAMPAI 8 TIDAK DIPERKENANKAN MENGIKUTI KEGIATAN PRAKTEK

PROSEDUR OPERATIONAL FRONT OFFICE
Standar operasional ini saya berikan sesuai dengan standar yang dilakukan di suatu perusahaan hospitality yang memiliki berbagai macam departemen departemen perhotelan yang berbeda-beda dengaan SOP yang berbeda pula, namun terkadang kita banyak menemukan standar operasional prosedur yang tidak jauh berbeda antara hotel yang satu dengan yang lainnya.

Adapun tugas dan tanggung jawab yang diemban dalam menjalankan departemen front office yang mana dapat kita lihat sebagai berikut :

  1. Reservasi melalui E-Mail/Website, hal ini seharusnya menjadi tugas dari bagian reservasi akan tetapi juga menjadi tugas dari front office ketika reservasi tersebut sudah dikonfirmasi dan telah dimasukkan ke system sebagai acuan untuk menverifikasi tamu yang datang, apakah sudah melakukan reservasi sebelumnya atau belum, uraian reservasi seperti dibawah ini :
  •  Menerima reservasi dari kantor.
  • Memasukkan data reservasi tamu ke sistem, sesuai dengan tipe kamar dan lama tamu menginap.
  • Menuliskan semua data-data yang menyangkut tentang spesial request, honeymoon package, birthday celebration, transfer request atau pick up dan lain-lain.
  • Memasukkan data reservasi tamu ke file Front Office sesuai dengan tanggal, bulan dan tahun.

2. Reservasi melalui telepon, hal ini sering kita temukan juga bahwa nomor telepon hotel dipegang langsung oleh bagian front office dan kemudian akan dilanjutkan dengan internal call ke departemen yang diinginkan tamu, akan tetapi terkadang seorang staff front office memiliki kewenangan untuk menerima bookingan melalui telepon tetapi ini berlaku di beberapa hotel yang memiliki kapasitas medium atau menengah seperti boutique hotel atau hotel bintang tiga, uraian reservasi telepon seperti di bawah ini :

  • Greeting ke tamu, sesuai dengan waktu saat menerima telepon.
  • Menanyakan nama tamu secara lengkap.
  • Menanyakan tipe kamar dan berapa hari tamu akan menginap.
  • Memberikan harga kamar kepada tamu apabila harga telah disepakati maka proses reservasi dilanjutkan.
  • Meminta nomor telepon tamu dan nomor kredit card sebagai garansi.
  • Menjelaskan ke tamu tentang prosedur reservasi dan prosedur pembatalan reservasi  secara lengkap dan benar.
  • Menutup pembicaraan telepon dengan greeting, ucapan terima kasih dan tak lupa menyebutkan nama tamu tersebut.
  • Menuliskan detail di formulir reservasi, input ke system, dan file sesuai tanggal dan bulannya.
  1. Persiapan sebelum tamu check in, ini adalah hal yang sangat penting bagi departemen ini, sebab mereka bertindak sebagai guest relation dan juga sebagai penyambut kedatangan tamu mulai dari mengecek kesiapan kamar beserta fasilitas dan komplimen, dan juga menyiapkan porter dan sambutan hangat departemen ini memberi dampak positif bagai tamu, karena akan menjadi kesan pertama tamu untuk tinggal dan berinteraksi dengan staf beserta karyawan dan uraian sebagai berikut :
  • Bersihkan dan rapikan area sekitar Front Office dan area Lobby.
  • Buat special request (Honeymoon cake, fruit basket dan Special decoration ) kalau ada dan kirim ke departemen yang bersangkutan.
  • Siapkan semua data-data dan kelengkapan reservasi dan registrasi yang dibutuhkan
  • Print guest in house list, arrival dan departure untuk departemen Housekeeping dan F&B.
  • Mempersiapkan cold towel.
  • Mempersiapkan welcome letter dan meminta tanda tangan General Manajer sebagai sambutan manajemen hotel pertam
  • Mempersiapkan welcome drink.
  • Check kelengkapan fasilitas kamar dan meletakkan welcome letter yang sudah ditandatangani oleh GM di meja tulis dalam kamar yang sesuai.
  • Siapkan kunci kamar tamu yang akan check-in.
  1. Tamu check in, bagaimana kita akan memperlihatkan keramah tamahan hotel kita dalam melayani tamu yang menjadi pokok utama yang harus disiapkan, dan pemilihan kata tersantun yang kita punya dalam memberikan penjelasan yang akurat dan benar tanpa mengada-ada dan juga menjadi sebuah referensi bagi hotel tersebut. adapun tata caranya seperti dibawah ini :
  • Sambut tamu di depan hotel dan ucapkan selamat datang.
  • Membawakan tas/koper tamu ke lobby.
  • Mempersilahkan tamu untuk duduk.
  • Menyuguhkan ke tamu welcome drink dan cold towel.
  • Jelaskan dan informasikan kepada tamu tentang service dan fasilitas hotel.
  • Jelaskan dan informasikan kepada tamu waktu breakfast dan afternoon tea.
  • Siapkan peta Gili Trawangan dan jelaskan kepada tamu secara terperinci
  • Jelaskan dan informasikan kepada tamu tentang aktifitas dan fasilitas di Gili   Trawangan dan Lombok.
  1. Registrasi adalah hal yang sangat penting dalam memadukan antara booking yang sudah ada dengan booking berdasarkan sumber baik itu online ataupun offline booking, registrasi ini dibutuhkan sebagai tanda bahwa tamu pernah menginap di hotel tersebut, dan mungkin akan ada ditemukan secarik kata yang merupakan term dan kondisi atau juga aturan dalam rangka tamu menginap, hal ini diberikan untuk memberikan protek jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dalam ruang lingkup perhotelan. langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Menyerahkan formulir registrasi untuk dilengkapi oleh tamu.
  • Meminta passport tamu untuk di foto copy.
  • Mempersilahkan kepada tamu untuk mengisi formulir registrasi dengan lengkap.
  • Tamu dan Resepsionis harus menanda-tangani formulir registrasi yang telah lengkap diisi.
  • Menyimpan registrasi tamu di file Front Office sesuai dengan nomor kamar.
  • Mempersilahkan dan mengantar tamu ke kamar.
  • Membawa tas dan koper tamu ke kamar

Pelayanan selama tamu menginap :

  1. Mengucapkan salam setiap bertemu tamu ( usahakan untuk mengingat dan menyebut nama tamu ).
  2. Dengan ramah memberikan penjelasan kepada tamu apabila tamu meminta informasi.
  3. Memberikan pertolongan yang diminta oleh tamu seperti menyewa sepeda, menyewa alat snorkeling, dll., serta menuliskan hal-hal ini dalam Log Book.
  4. Menyediakan semua perlengkapan P3K ( Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan ) yang sering diperlukan ketika tamu snorkeling seperti Betadine, Perban, Obat Tetes Mata, dll.
  5. Memberikan voucher internet gratis apabila diminta oleh tamu.
  1. Persiapan sebelum tamu check out :
  • Mempersiapkan transportasi apabila ada permintaan dari tamu.
  • Mempersiapkan bill-bill tamu secara detail.
  • Check harga kamar dan lama tamu menginap sudah sesuai.
  • Meminta Housekeeping  untuk check Mini Bar sebelum tamu meninggalkan kamar.
  • Print bill tamu
  • Berikan bill kepada tamu, sesuai dengan kamar tamu masing- masing beserta data pendukung seperti bill restaurant, spa, dll.
  1. Pembayaran :
  • Apabila pembayaran secara tunai dalam bentuk Rupiah harus di check secara detail  di hadapan tamu.
  • Apabila pembayaran dalam bentuk uang asing harus disesuaikan dengan kurs  rupiah yang berlaku.
  • Pembayaran secara kartu kredit maupun kartu debit, saat melakukan transaksi nominal uang dilihat  secara detail supaya tidak terjadi kesalahan saat melakukan transaksi.
  • Pembayaran secara city ledger, guest folionya di settle sesuai dengan nama Travel Agent yang membuat reservasi  tamu tsb.
  • Complimentary (tamu tidak membayar bill kamar selama menginap)
  1. Tamu check out.
  • Meminta kunci kamar dari tamu.
  • Mengecek kamar apabila ada barang tamu yang tertinggal.
  • Membantu tamu membawa tas/koper ke depan hotel.
  • Menanyakan kesan-kesan selama tamu menginap dan meminta waktu untuk mengisi buku Guest Comment yang ada di Lobby maupun secara online di Trip Advisor.
  • Mengucapkan terimakasih kepada tamu karena telah menginap di Villa Grasia.
  1. Setelah tamu check out.
  • Merapikan bill-bill tamu yang sudah chek-out.
  • Memeriksa kembali bahwa jumlah tamu yang cek out sudah sesuai di system.
  • Memberikan semua bill tamu yang sudah check out beserta semua data pendukung ke Accounting untuk diproses lebih lanjut.
  1. Tamu Walk-In.
  • Untuk tamu yang langsung ke hotel untuk meminta kamar ( Walk-In ), jika kamar tersedia maka negosiasi harus dilakukan secara private ( usahakan tidak ada tamu lain atau dilakukan pada saat melihat kamar bersama tamu ).
  • Jika tamu walk-in menyetujui harga yang ditawarkan, maka harus melakukan pembayaran penuh baik secara tunai atau dengan kartu kredit.
  • Setelah pembayaran, maka dilakukan prosedur-prosedur check in sesuai standard hotel.

TUGAS TAMBAHAN :

  • Resepsionis yang bertugas setiap hari dalam shift 15.00 – 23.00 diberi tanggung-jawab untuk standby dan melakukan tugas Night Audit di system.
  • Mematikan semua computer dan mengunci kantor depan

TATA TERTIB LABORATORIUM BAHASA
AKADEMI PARIWISATA MUHAMMADIYAH JEMBER

  1. SEBELUM MASUK KE RUANG LABORATORIUM BAHASA, MAHASISWA DIWAJIBKAN MELEPAS ALAS KAKI.
  2. MAHASISWA DILARANG MENDAHULUI MASUK RUANGAN LAB SEBELUM MENDAPAT IJIN DARI DOSEN PEMBIMBING.
  3. MAHASISWA TIDAK DIIJNKAN MEMBAWA TAS DAN SEJENISNYA KE DALAM RUANG LAB.
  4. MAHASISWA MENGAMBIL TEMPAT DUDUK SESUAI DENGAN NOMOR ABSEN ATAU NOMOR PANGGILAN.
  5. SEBELUM MEMAKAI HEADSET, PASTIKAN BAHWA VOLUME MICROPHONE DAPAT DISESUAIKAN DAN MICROPHONE BERADA PADA TELINGA SEBELAH KIRI. HEADSET DIGUNAKAN UNTUK KEGIATAN LISTENING, DAN MICROPHONE DAPAT DIGUNAKAN UNTUK SPEAKING KETIKA LAMPU MERAH PADA BOOTH MENYALA.
  6. SETELAH MENGGUNAKAN HEADSET, POSISI MICROPHONE DIKEMBALIKAN KE TEMPAT SEMULA
  7. TIDAK DIBENARKAN MENGOPERASIKAN KEYBOARD ATAU ALAT ELEKTRONIK LAINNYA, TANPA IZIN DARI DOSEN PEMBIMBING.
  8. APABILA TERJADI KERUSAKAN SOFTWARE/HARDWARE ATAU HILANGNYA INSTRUMENT PADA BOOTH SETELAH DIGUNAKAN OLEH MAHASISWA, MAKA MAHASISWA YANG BERSANGKUTAN HARUS MENGGANTI INSTRUMENT YANG RUSAK ATAU HILANG TERSEBUT.
  9. MAHASISWA DILARANG MEMBAWA MAKANAN ATAU MINUMAN YANG MENGAKIBATKAN TIMBULNYA SAMPAH.
  10. MAHASISWA TIDAK DIPERKENANKAN MENGGANGU/INTERRUPT MAHASISWA YANG LAIN.
  11. MAHASISWA TIDAK DIPERKENANKAN MELAKUKAN CORAT-CORET PADA BAGIAN MANAPUN DARI LABORATORIUM.

TATA TERTIB LABORATORIUM KOMPUTER
AKADEMI PARIWISATA MUHAMMADIYAH JEMBER

 

  1. PENGGUNA LABORATORIUM TIDAK DIPERBOLEHKAN
  2. MASUK RUANGAN LABORATORIUM BILA TIDAK SEIJIN / SEPENGETAHUAN PETUGAS/PEMBIMBING
  3. MEMINDAHKAN/MENGAMBIL PERALATAN KOMPUTER, DENGAN ALASAN APAPUN
  4. MEMBUKA CASING DENGAN ALASAN APAPUN
  5. MEMBAWA CD/FLASH DISK DARI LUAR UNTUK DIPERGUNAKAN DI RUANG LABORATORIUM (TANPA SEIJIN PETUGAS)
  6. MEMBUANG SAMPAH DI SEMBARANG TEMPAT
  7. MEMBAWA/MEMPERGUNAKAN PERALATAN KOMUTER YANG TIDAK SEMESTINYA
  8. MEMBAWA TAS KE DALAM RUANG LABORATORIUM KOMPUTER
  9. MEMBAWA/MAKAN, MINUMAN KE DALAM RUANG LABORATORIUM KOMPUTER
  10. CORAT-CORET DI MEJA/KOMPUTER/TEMBOK DAN LAIN-LAIN
  11. MENGUBAH JARINGAN LISTRIK TANPA SEIJIN PETUGAS
  12. MEROKOK DI DALAM RUANG LABORATORIUM KOMPUTER

 WAJIB DITAATI DAN DILAKSANAKAN BAGI PEMAKAI LABORATORIUM KOMPUTER

  1. MENAATI TATA TERTIB DAN KETENTUAN YANG BERLAKU (ADMINISTRASI YANG TELAH DITENTUKAN)
  2. MENGHIDUPKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER DENGAN PROSEDUR YANG BENAR
  3. MERAPIKAN DAN MENATA KEMBALI PERALATAN KOMPUTER, MEJA, KURSI DAN SEBAGAINYA SETELAH DIGUNAKAN
  4. MELETAKKAN TAS PADA TEMPAT YANG TELAH DISEDIAKAN
  5. MENJAGA DAN BERTANGGUNGJAWAB ATAS KEBERSIHAN, KERUSAKAN, KEHILANGAN ALAT-ALAT LABORATORIUM KOMPUTER
  6. MENANDATANGANI DAFTAR HADIR
  7. UNTUK KEPERLUAN AKADEMI HARUS SEIJIN PETUGAS DENGAN PERSETUJUAN DIREKTUR SELAKU PENANGGUNGJAWAB LABORATORIUM KOMPUTER